Tadi malam saya berhasil memasang sistem operasi Yosemite pada laptop tua MacBook Pro tahun 2009. Kekurangan ruang pada cakram keras sangat mengganggu kinerja dari laptop butut ini. Sehingga saya memasang sistem operasi dengan mode pemasangan bersih, menghapus data di cakram keras sebelum memasang.

Berhubung saya baru saja menghapus segalanya di laptop saya 😭, ini adalah saat yang tepat untuk mencoba versi percabangan saya dari skrip Laptop milik Thoughtbot.

Memasang Git

Git belum terpasang pada kondisi awal sistem operasi, tapi saya dapat memasangnya melalui Terminal. Yang saya perlu lakukan hanyalah mengetik:

$ git

pada Terminal. Setelah itu akan muncul pertanyaan apakah saya ingin memasang Developer Tools. Terima saja dan tunggu sampai pemasangan selesai.

Membuat kunci SSH untuk Github

Apabila ini adalah pertama kalinya kamu membuat kunci SSH, Github memiliki artikel yang sangat mudah diikuti. Ringkasnya:

$ ssh-keygen -t rsa -b 4096 -C "your_email@example.com"

Salin dan tempelkan isi dari berkas *.pub ke dalam penyimpanan kunci SSH di Github. Sekarang kamu dapat mengkloning menggunakan SSH.

Apa itu skrip Laptop?

Skrip Laptop adalah skrip yang bisa dijalankan pada shell unix untuk memasang beberapa piranti lunak secara otomatis supaya pengembang dapat segera melakukan pengodean.

Sebagai pengembang web dengan Ruby, banyak piranti lunak yang sebaiknya dipasang. Misalnya:

Piranti lunak apa saja yang dipasang oleh Laptop? Daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.

Menambahkan piranti lunak untuk dipasang

Apakah kamu pengembang Android? Atau pengembang iOS? Tidak masalah, kamu bisa menambahkan piranti lunak yang kamu butuhkan dengan mengubah berkas .laptop.local untuk memasang piranti lunak apapun melalui homebrew atau aplikasi dari homebrew cask. Isi berkas .laptop.local saya sbb:

Cara menjalankan skrip:

$ sh mac 2>&1 | tee ~/laptop.log

bisa ditinggal untuk makan siang 😋🍱.

Tips

Skrip Laptop akan memastikan apakah piranti atau aplikasi yang akan dipasang sudah terpasang atau belum supaya tidak memakan waktu lama jika dijalankan untuk kedua kalinya.

Update

Artikel ini awalnya ditulis dengan bahasa Inggris, diganti ke bahasa Indonesia untuk latihan menulis. Akibatnya, kini saya tahu padanan kata untuk coding adalah “pengodean”.