Saya memiliki masalah dengan screentime. Dalam 1 hari saya menargetkan kurang dari 3 jam waktu pribadi saya untuk menggunakan handphone. Dengan waktu sesingkat ini, perlu trik khusus supaya saya bisa memperoleh informasi penting di waktu yang saya tentukan. Mailbrew menolong saya.


Mailbrew adalah sebuah layanan yang dapat mengirimkan konten terpilih ke email Anda. Ada banyak layanan kurasi konten yang serupa. Mungkin kamu pernah mendengar Paper.li, kurasi konten yang bisa dilihat di website. Namun untuk kurasi konten, saya lebih memilih dalam format email.

Email lebih simpel

Jika kamu perhatikan dengan baik, email memiliki keterbatasan sehingga layout yang ditampilkan akan sangat sederhana. Ini bagus menurut saya, artinya ada sedikit distraksi dalam email.

Email itu cepat

Karena keterbatasan di atas, email dapat dibuka lebih cepat daripada website. Karena pada dasarnya email itu dikirim dalam bentuk teks. Konten lain seperti gambar itu biasanya akan dimuat belakangan alias asinkronus.


Kembali soal Mailbrew, saya memilih layanan ini karena beberapa hal.

Bisa atur jadwal pengiriman

Saya suka membaca di pagi dan malam hari. Bacaan yang saya baca di pagi hari biasanya lebih ringan dan kasual. Di Mailbrew kamu dapat memilih dengan leluasa. Dengan opsi yang cukup beragam. Mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Ada Reddit dan Twitter

Saya penyuka konten berkualitas. Sejauh ini banyak saya peroleh dari Reddit dan Twitter.

Layout yang bervariasi

Kamu bisa memilih apakah ingin menampilkan gambar dengan besar atau thumbnail. Atau konten full atau ringkasan.

Atau bahkan model kutipan seperti ini

Variasi layout seperti ini memberikan penyegaran pada konten. Kapan harus fokus. Kapan harus rileks. Sangat nyaman dipandang.

Bisa dipilih berdasarkan konten terpopuler

Tidak semua konten itu berharga. Mailbrew bisa menampilkan konten terpopuler saja. Sehingga saya tidak ketinggalan jika Twit tertentu tenggelam dalam timeline seseorang.


Waktu sangat berharga bagi saya untuk diluangkan lebih banyak bersama keluarga. Dengan adanya layanan seperti Mailbrew, sangat mudah bagi saya untuk mengendalikan kapan saya harus online dan bagaimana saya memanfaatkan waktu yang sangat terbatas ini untuk membaca konten yang berkualitas.

Referensi: