Terakhir kali nulis blog itu tahun lalu, jauh sebelum pandemi COVID-19 sekarang ini πŸ˜…. Semoga saya bisa menulis sedikit-sedikit setiap hari.


Jika kamu penggemar game Animal Crossing: New Horizon, maka kamu akan mengenal sebuah istilah bernama Dodo Code.

Dodo Code ini adalah kode 5-digit yang dapat kamu bagikan kepada siapapun supaya orang lain dapat berkunjung ke pulaumu. Tanpa harus menjadi teman di akun Nintendo.

Seperti diketahui, ID akun Nintendo itu sangat panjang dan tidak mudah diingat. Meminta temanmu untuk menuliskan ID akan sangat merepotkan. Sehingga sangat jarang seseorang membagikan ID akun Nintendo untuk mengunjungi pulau teman di Animal Crossing.

Itulah salah satu kegunaan Dodo Code. Sebagai pengganti ID akun Nintendo yang panjang itu.

Saya perhatikan fitur Dodo Code ini tidak sesimpel yang saya bayangkan. Berikut ini saya coba membedahnya:

Jumlah kombinasi Dodo Code

Dodo Code berisikan 5 karakter alfabet. Sehingga ada 11,881,376 kemungkinan ID unik (26^5). Jumlah yang cukup sedikit dibandingkan dengan total pemain Nintendo Switch. Ada kemungkinan untuk terjadi ID Collision. Oleh sebab itu...

Dodo Code berlaku hanya sementara

Dodo Code hanya berlaku ketika seseorang membuka gerbang airport mereka. Apabila sudah usai, maka kode mereka tidak bisa dipakai lagi.

Artinya ada kesempatan kode ini berpindahtangan kepada orang lain. Tapi tentunya kesempatan untuk menebak kode mana yang aktif ini sangat kecil. Dan orang tersebut harus online dan berlangganan Nintendo Switch Online.

Ini menyebabkan keterbatasan jumlah ID tersebut tidak lagi menjadi masalah yang signifikan. Dengan demikian, Dodo Code dapat dibagikan hanya dengan mengetik 5 karakter alfabet. Tidak perlu lagi menambahkan karakter lain, misalnya menjadi alfanumerik.

Jumlah pengunjung ke pulau dibatasi 7 orang

Saya rasa batasan ini tidak dibuat untuk mengatasi lag karena terlalu banyak rendering avatar pemain. Melainkan karena adanya potensi seseorang terkena perundungan atau perusakan properti oleh pengunjung tak diundang.

Ya, ini adalah salah satu kekurangan dari Dodo Code yang harus dibayar karena memberikan fitur yang terlalu mudah untuk berbagi. The price for convenience.


Membedah fitur itu cukup menyenangkan! Kita jadi bisa belajar cara kerja suatu hal sekaligus memanfaatkannya untuk keuntungan kita. Sebagai contoh, karena fitur Dodo Code ini sangat mudah, ada sekelompok orang yang membuat situs untuk berbagi Dodo Code, lengkap dengan informasi harga Turnip di pulau mereka, serta jam buka-tutup Nook's Cranny.