Belajar Ruby adalah achievement dan pertaruhan terbesar yang pernah kami alami. Kami meluangkan waktu 3 bulan untuk belajar Ruby dan konversi ke Ruby on Rails (RoR) tanpa melakukan penambahan fitur di aplikasi PHP kami. Bahkan kami justru melakukan pemangkasan fitur-fitur yang tidak penting. Kini semuanya telah terbayar, karena inilah kunci utama untuk meng-unlock achievement lainnya!

Implementasi Continuous Integration (CI)

Saya baru tahu kalau di dalam CI itu terdiri dari Continuous Delivery atau Continous Deployment (beda istilah dan definisi tapi mirip dalam prakteknya). Implementasi CI menjadi sangat mudah karena RoR memang di-design dari awal untuk menjalankan serangkaian tes dengan mudah. Saya pernah berpikiran untuk mengimplementasikannya di aplikasi PHP kami yang lama, tetapi kami harus refactor kode di banyak tempat, banyak waktu akan terbuang sia-sia. Akan lebih mudah untuk membuang segalanya dan mulai dengan yang baru dari nol. Kebetulan sekali, waktu itu sedang belajar Ruby dan RoR.

Kini ada banyak layanan CI yang menawarkan server CI untuk build testing dan deployment. Ada berbagai paket startup dan beberapa menawarkan paket gratis! Ini seolah-olah mengatakan bahwa: “CI itu sudah murah dan mudah sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya”.

Beberapa bulan terakhir, designer kami baru berhasil di-upgrade menjadi developer (di Cookpad kami biasa memanggilnya dengan sebutan engineer). Karena implementasi CI memungkinkan kami bisa mendeteksi kesalahan-kesalahan kecil dengan cepat, ini akan menambah kepercayaan diri engineer baru untuk deploy. Saya pun berpikir: “mungkin kita harus meng-upgrade semua anggota tim untuk menjadi engineer”. Ya, mungkin saja :D.

Dapat mengenal User kami dengan lebih baik

Sejak bergabung dengan Cookpad kami belajar beberapa cara untuk mempelajari User kami. Kami mempelajari banyak hal yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan sebelumnya ketika kami menghabiskan waktu untuk bekerja di kantor dan di depan komputer. Sebagai startup yang sejatinya sebagai problem solver, seringkali kita belum paham atau belum menemukan problemnya jika tidak turun langsung ke “lapangan”. Contoh “lapangan” kami adalah dapur, pasar, dll.

Banyak hal yang kami pelajari dari user dan kami terapkan dalam berbagai fitur. Fitur-fitur yang lahir dari kebutuhan user lah yang akan tetap bertahan. Dan kami juga mempelajari bahwa fitur yang tidak terbukti memberikan nilai tambah, harus segera dibuang. Sebuah pil pahit dari sebuah pembelajaran.

Pertumbuhan yang cepat ternyata bisa dilakukan meski bertumbuh secara organik

Beriklan di berbagai tempat tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung dan user dengan sangat cepat. Beberapa tahun lalu kami pernah memasang iklan selama beberapa bulan, tetapi sebagian besar dari mereka tidak kembali. Pertumbuhan organik membantu kita melihat seberapa besar produk kita memberikan nilai tambah kepada user. User yang sudah merasakan manfaat dari produk kita akan selalu kembali. Apabila semua orang datang dari iklan, kita akan sulit sekali mengukur efektifitas dari pengembangan fitur yang kita lakukan.

Empat bulan yang lalu saya menulis blog ini: Willing to “fail fast” in order to build (success) even faster. Dan sekarang kami sudah bertumbuh sangat pesat! Pageviews kami bulan ini sudah tumbuh 600% dari bulan yang sama di tahun lalu.

Tentunya tidak semuanya bertumbuh secara organik, karena kami juga diliput oleh media TV seperti Metro TV, Bloomberg Indonesia, dan NHK World juga turut berperan walaupun liputan ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya, and I am really grateful for that :).

North Star Metric

Shueisha

Terlepas dari Vanity Metric di atas, tak kalah pentingnya pencapaian di North Star Metric. Tahun ini, user kami menghasilkan lebih dari 6.000 resep. Ini adalah kabar yang sangat baik sekali untuk kami, karena jumlah resep meningkat 2 kali lipat dari tahun lalu.

Jumlah resep adalah ukuran yang dapat memberikan nilai tambah bagi user kami. Untuk mencapainya juga tidak mudah. Sangat sulit untuk mengajak seseorang untuk berbagi resep, setiap hari rekan saya menghubungi user satu persatu, membantu mereka jika kesulitan, sekaligus meningkatkan pengalaman memasak mereka. Kami sudah membuktikannya di platform yang baru ini, upload resep menjadi semakin mudah dan pengalaman memasak mereka jadi semakin menyenangkan. Terlihat dari feedback yang setiap hari kami terima, semuanya sangat mendukung dengan apa yang kami kerjakan di Cookpad. Membuat masak sehari-hari jadi semakin menyenangkan.

Seringkali kami tertawa melihat reaksi rekan saya sangat girang sekali ketika berhasil membantu seorang user untuk meng-upload sebuah resep :D. Its really enjoyable experience.

Poin penting dari pelajaran ini adalah fokus dan eksperimen selagi masih kecil ketika user masih belum banyak. Karena potensi untuk berkembang masih sangat besar.

Budaya untuk selalu belajar

Di Cookpad Indonesia kami menerapkan budaya untuk selalu belajar. Tahun ini saja ada banyak sekali pencapaian yang kami peroleh dengan mempelajari sesuatu yang baru. Designer upgrade jadi Engineer, PHP Dev jadi Ruby Dev dan Android Dev, dan Community manager belajar SEO dan pengetahuan kuliner.

Budaya belajar bukan hanya sebatas mempelajari sesuatu saja, tapi juga mengeksekusinya dengan baik. Inisiatif apa yang bisa kamu tumbuhkan dengan mempelajari sesuatu yang baru? Saya kira itulah yang menyebabkan sebuah startup tidak berhenti untuk berkembang. Jika tahun ini telah tercapai 1 juta Active User, maka untuk pencapaian 10 juta Active User tahun depan apa saja yang harus dipelajari?

Tahun 2015, budaya untuk berbagi

Saya ingin memulai sesuatu di tahun 2015. Saya ingin berbagi mengenai apa yang sudah saya pelajari, mungkin tentang Ruby on Rails. Hopefully I can make this anytime soon.

Its been a great year, we experienced ups and downs like never ending roller coaster, but we don’t quit or fall. And that is good.


Pertama kali diterbitkan di didikw.tumblr.com.
Ketika saya menerbitkan ulang cerita ini di Medium (7 bulan kemudian), jumlah resep kami sudah tumbuh 233% dan pengguna aktif naik 70%. Belum ditambah pengguna dari Android 😉.�.